Komisi VIII Dukung Transformasi IAIN Cirebon menjadi UIN

By Abdi Satria


nusakini.com-Cirebon- Anggota Komisi VIII DPR RI Selly Andriany Gantina mendukung transformasi atau alih status IAIN Syekh Nurjati (SNJ) Cirebon menjadi Universitas Islam Negeri (UIN). Hal ini ditegaskan Selly saat berkunjung ke kampus IAIN Cirebon.  

Kunjungan Selly dalam rangka mendiskusikan soal rencana IAIN menuju UIN bersama Rektor IAIN SNJ Cirebon, Sumanta Hasyim. Hadir juga, Warek 1, Warek 2 dan Warek 3, Karo AUAK serta sejumlah pejabat IAIN Cirebon lainnya. 

Selly sangat berharap IAIN bisa segera berubah menjadi UIN SNJ Cirebon. "Mudah-mudahan ini menjadi doa saya juga. Dan 1000 persen saya setuju dan mendukung IAIN Cirebon menjadi UIN," katanya. 

Selly mendukung karena melihat potensi besar yang dimiliki wilayah 3 Cirebon sebagai segitiga rebana, atau segita emas maupun segitiga bermuda. Di wilayah ini sudah terdapat fasilitas infrastruktur yang baik, antara lain Bandara Udara Kertajati, Stasiun KA, dan Pelabuhan. Wilayah ini sangat strategis bagi pengembangan UIN Cirebon ke depan. 

Kendati begitu, Selly memintaIAIN Cirebon menjalin kerjasama dengan dunia industri dan teknologi. Sehingga, lulusan IAIN Cirebon bisa terserap sebagai tenaga kerja profesional. 

"Ya, demikian juga dengan KKN mahasiswa, harus ditempatkan di kantong kantong atau basis basis kemiskinan masyarakat di sana," pintanya, yang juga menegaskan akan segera ke Kemendikti untuk mendorong IAIN Cirebon menjadi UIN.(p/ab)